Thursday, February 27, 2020

Tutorial Efek Teks Glossy


Tutorial Teks Glossy


Langkah langkahnya adalah sebagai berikut :
1.      Buat file baru dengan ukuran 500X300 pixel, Resolusi 150 pixel/ inch.
2.       Gunkan warna biru kehitam-hitaman ( RGB: 0, 84, 166 ) untuk foreground color. Tekan Alt+Del untuk mewarnai layer background.
3.      Pilih warna putih untuk foregrond color. Aktifkan Horizontal Type Tool dan gunakan jenis Font: Haettenschweiler dengan ukuran 60 pt. ketikkan kata “ COMPUTER ”. Tekan Ctrl+Enter bila selesai.




4.      Lakukan Ctrl+Klik pada layer teks, sehingga terbentuk seleksi.
5.      Klik menu Select> Modify> Expand. Masukkan nilai 8 Pixel. Klik OK.


6.      Tekan D pada keyboard untuk mengembalikan warna default Photoshop .
7.      Buat layer baru dengan meng-klik icon Create a new layer, dan letakkan layer baru tersebut dibawah layer teks.


8.      Tekan Alt+Del untuk mewarnai area seleksi pada layer baru dengan warna hitam, tekan Ctrl+D untuk menghilangkan seleksi.



9.      Tambahkan layer style Outer Glow untuk layer 1. Caranya aktifkan layer 1 kemudian klik icon add a layer style dan pilih Outer Glow dari menuyang tampil. Pada Outer Glow, atur Opicity: 50%, Spread: 0, Size: 50, dan pilih warna putih. Klik OK.


10.  Tambahkan layer style Gradient Overlay untuk layer 1. Untuk setting Outer Glow. Kemudian klik pada kotak warna gradient untuk menampilkan Gradient Editor. Pada Grasient Editor, buat kombinasi warna gradient seperti pada gambar berikut.



11.  Masih pada layer 1, tambahkan layer style Stroke.atur nilai Size: 1, Position: Outside, dan pilih warna hitam. Klik OK.


12.  Aktifkan layer teks, kemudian tambahkan layer style Stroke. Atur nilai Size: 3, Position: Ouside dan pilih warna hitam. Klik OK.


13.  Lakukan Ctrl+Klik pada layer teks untuk membuat seleksi. Kemudian buat layer baru di atasnya dengan meng-klik icon Create a new layer.
14.  Pilih warna abu- abu (RGB: 137, 137, 137) untuk foreground color dan putih untuk background color. Aktifkan Gradient Tool, pilih bentuk Linear gradient dari Option bar.


15.  Tarrik warna gradasi dari bawah ke atas seperti yang diperlihatkan pada gambar berikut ini.


16.  Tekan Ctrl+D untuk menghilangkan seleksi.
17.  Aktifkan Elliptical Marquee tool, dan buat seleksi seperti pada gambar berikut.


18.  Tekan Ctrl+J untuk membuat layer baru berdasarkan bentuk seleksi.
19.  Lakukan Ctrl+Klik pada layer 3 untuk membuat seleksi.
20.  Tekan Delete untuk menghapus area yang siseleksi.
21.  Aktifkan kembali Linear Gradient tool, kali ini pilih warna hitam untuk foreground  color dan abu-abu untuk background color.
22.  Tarik warna gradient dari atas ke bawah.


23.  Dan hasil akhir pun jadi.

No comments:

Post a Comment

Tutorial Membuat Thumbnail

Tutorial Membuat Thumbnail Langkah langkahnya adalah sebagai berikut : 1.     Buat file baru dengan berukuran 1280x720 pixels Re...