Saturday, February 22, 2020

Tutorial Efek Teks Spiral




Tutorial Teks Spiral


Langkah langkahnya adalah sebagai berikut :
1.      Buat file baru dengan ukuran 800x800 pixels, Resolusi: 72 dpi.
2.      Tekan D untuk setting warna default Photosop, hitam dan putih. Kemudian tekan X untuk membalik warna default menjadi putih dan hitam.
3.      Tekan Ctrl+Del untuk mewarnai layer background dengan warna hitam.
4.      Tampilkan Ruler Penggaris dengan menggunakn Ctrl+R. Klik kanan pada Ruler dan pilih satuan pixel. Selanjutnya buat guides horizontal dan vertical tepat ditengah tengah gambar.

5.      Aktifkan Rectangular Marquee tool dan buat seleksi setengah dari gambar. Tekan Alt+Del untuk mewarnai area seleksi dengan warna putih.

6.      Hilangkan seleksi dengan menekan Ctrl+D.
7.      Klik menu Filter> Distort> Twirl. Masukkan nilai 999 pada Angel untuk membuat bentuk spiral searah jarum jam, klik OK. Tekan Ctrl+F untuk mengulang filter Twirl sekali lagi.

8.      Aktifkan palet Channel. Lakukan Ctrl+Klik pada Channel RGB untuk membuat seleksi. Setelah seleksi terbentuk, aktifkan palet Path dan klik icon Make workpath from selection .


9.      Setelah Anda mengaktifkan work path, tekan Ctrl+Del untuk mewarnai layer background dengan warna hitam. Langkah ini dimaksudkan untuk mempermudah Anda mengedit path tersebut.

10.  Apabila garis garis Guide dirasa ganggu, sebaiknya Anda menyembunyikan Guide tersebut melalui menu View> Show> Guides atau Ctrl+;
11.  Aktifkan Direct selection tool.

12.  Dengan menggunakan Direct selection tool, pilih titik path ke-3 dari dalam gambr kemudian tekan Delete pada keyboard untuk menghapus.



13.  Masih menggunakan Direct selection tool, klik pada area gambar bewarna hitam untuk me-non aktifkan path. Klik kembali path, pilih titik path ke-3 sebelah kiri, kemudian tekan Delete untuk menghapus.


14.  Klik pada area gambar bewarna hitam untuk me-non aktifkan path. Klik kembali path yang berada ditengah, kemudian tekan Delete hingga semua path yang berada ditengah terhapus.
15.  Masih menggunakan Direct selction tool, sekarang Anda pilih garis bagian luar. Kemudian hapus dengan menekan Delete.
16.  Klik pada area gambar bewarna hitam untuk me-non aktifkan path. Sambil menahan Alt, klik garis terluar sebelah kiri menggunakan Direct selection tool. Bila seluruh path telah terpilih, tekan Delete untuk menghapusnya.
17.  Sekarang Anda akan memasukkan teks yang mengikuti bentuk path melingkar. Inilah salah satu kelebihan Photosop CS, berupa fitur untuk menuliskan teks mengikuti bentuk path. Aktifkan Horizontal Type tool.
18.  Gunakan Font Arial dengan ukuran 24 pt. sekarang arahkan Mouse ke bagian terluar dari path, bila tepat maka cursor teks akan berubah bentuk seperti yang terlihat pada gambar berikut. Klik pada path, setelah cursor berkedip tandanya Anda sudah bias menulis mengikuti alur path tersebut.
19.  Ketikkan kalimat yang ingin Anda tuliskan. Misalnya judul buku buku terbitan Maxikom, atau judul lagu favorit Anda sekarang. Apabila telah selesai mengetik , tekan Ctrl+Enter.

20.  Blok kalimat pertama, perbesar ukurannya menjadi 36 pt dan ubah stylenya menjadi Bold. Selanjutnya blok kalimat ke-2, ubah ukurannya menjadi 30 pt dengan style Bold.

21.  Tekan Ctrl+T untuk melakukan Free Transform. Putar Texs ke arah kiri berlawanan dengan arah jarum jam. Tekan Enter apabila telah selesai.

22.  Aktifkan Ellipse tool dari Toolbox. Pilih opsi Path pada Option Bar yang terletak di atas.

23.  Tekan Ctrl+; untuk menampilkan kembali garis garis Guidelines yang tadi disembunyikan.
24.  Buat bentuk lingkaran menggunakan Ellipse tool mulai dari tengah tengah gambar sambil menekan tombol Shif+Alt. Langkah ini akan membuat lingkaran dibuat dari tengah gambar.


25.  Buat layer baru, klik icon Create a New layer. Bawa layer baru ke bawah alyer teks. Klik icon add layer mask sambil menahan Ctrl pada keyboard. Langkah ini akan menciptakan Vector mask.

26.  Aktifkan Gradient tool, pilih bentuk Angle Gradient pada Option bar.


27.  Klik pada warna gradient untuk membuka jendela Gradient Editor. Pada Gradient Editor, klik tombol Option dan pilih Noise Samples dari menu yang tampil. Klik OK pada kotak konfirmasi untuk me-Replace warna Gradient.


 
28.  Pada daftar gradient yang tampil, pilih tampilan warna gradient yang Anda suka, misalnya gradient dengan nuansa biru. Jangan lupa untuk mengubah nilai Roughness menjadi 60%. Klik OK untuk kembali ke layar kerja.
29.  Gunakan Gradient tool untuk membuat warna gradasi pada layer 1. Caranya tarik warna gradasi dari tengah tengah gambar.
30.  Tekan Ctrl+; untuk menyembunyikan Guidelines.
31.  Aktifkan Path selection tool, dan klik pada lingkaran. Takan Ctrl+C kemudian Ctrl+V untuk meng-copy bentuk lingkaran.
32.  Anda mungkin tidak melihat lingkaran ke-2 yang baru saja kita copy, untuk itu tekan Ctrl+T untuk Free Transform. Kemudian, sambil menahan Shif+Alt perkecil ukuran lingkaran. Tekan Enter apabila telah selesai .
33.  Dari Option Bar, pilih Substract from shape area.
34.  Aktifkan layer teks, kurangi fill hingga 0%.
35.  Tambahkan layer style Drop shadow, klik icon Add layer style pada palet layer.
36.  Klik icon add a layer style, dan pilih Drop Shadow dari menu yang tampil. Pada kotak dialog Drop Shadow, atur nilai Opacity: 75%. Distance: 3 px, Spread: 135, dan Size: 5 px. Klik OK.
37.  Klik icon add a layer style dan pilih Inner Shadow dari menu yang tampil. Pada kotak dialog Inner Shadow, pilih Blend Mode: Linear Dodge, warna : putih, Opcity: 80%, Distance: 7 px, Choke: 0% dan Size: 13 px. Klik OK bila telah selesai.
38.  Aktifkan layer 1. Kemudian klik icon add a layer style dan pilih Stroke dari menu yang tampil. Pada kotak dialog Stroke, atur nilai Size: 12 px, Position: Inside dan pilih warna Orange (RGB: 225,162,0).
39.  Klik icon add a layer style dan pilih Bevel and Emboss dari menu yang tampil. Pada kotak dialog Bevel and Emboss, atur nilai Depth: 200%, Size: 9 px dan Soften: 0 px. Klik Glass Contour dan pilih bentuk contour seperti yang terlihat pada gambar berikut. Klik OK bila telah selesai.
40.  Jadi deh gambarnya.



1 comment:

  1. PENTING!! perhatikan bahwa hasil jadi teks spiral dengan teks tutorial yang anda buat tidak sama. Teks tutorial membahas buah-buahan sedangkan di hasil jadi anda tampilkan hiburan pasar malam. Ini kesalahan mendasar perbaiki kembali.

    ReplyDelete

Tutorial Membuat Thumbnail

Tutorial Membuat Thumbnail Langkah langkahnya adalah sebagai berikut : 1.     Buat file baru dengan berukuran 1280x720 pixels Re...