Thursday, February 20, 2020

Tutorial Efek Teks Membeku



Tutorial Teks Membeku


Langkah langkahnya adalah:
1.      Buat file baru, klik menu File> New. Atur ukuran kanvas: 400x400 pixel.


2.      Tekan D pada keyboard, kemudian tekan Alt+Del untuk mewarnai kanvas dengan warna hitam.
3.      Tekan X untuk membalik warna foreground dan background. Aktifkan Horizontal Type tool, klik pada kanvas dan ketikkan kat “Sofia”.
4.      Blok teks,kemudian melalui palet karakter (Window> Character) gunakan setting sebagai berikut, Font Name: Arial, Style: Bold, Size : 135 pt.


5.      Tambahkan layer stayle dengan meng-klik icon add a layer style, pada palet layer kemudian pilih Bevel And Emboss.



6.      Untuk Bevel and Emboss, gunkan setting sebagai berikut , Style: Inner Bevel, Technique: Smooth, Depth: 100, Direction: Up, Size: 25, Soften : 0. Kemudian kill OK.


7.      Buat layer baru di atas layer teks. Klik icon Create a new layer,  pada palet layer. Bawa layer baru ke bawah layer teks. Klik kembali layer teks. Kemudian gambungkan kedua layer tersebut dengan menekan Ctrl+E (Marge Down).
8.      Ganti nama layer 1 menjadi “Sofia”.
9.      Tekan Ctrl+M untuk menampilkan kotak dialog Curve . Atur garis Curve. Klik OK.
10.  Tekan Ctrl+U menampilkan kotak dialog Hue/ Saturation. Beri tanda checklist pada Colorize dan atur nilai Hue: 200, Saturation: 40 dan Lightnees: 0. Klik OK.


11.  Tambahkan layer style Inner Glow pada layer frost. Klik icon Add a layer style, pada palet layer dan dipilih Inner Glow dari menu yang tampil. Plih warna biru (RGB: 54,83,131) gunakan setting.


12.  Gambar Anda seharusnya tampak seperti gambar berikut. Anda akan membuat bagian es yang membeku pada teks.
13.  Lakukan Ctrl+Klik pada layer Sofia untuk membuat seleksi.
14.  Aktifkan palet Channel, kemudian klik icon Save selection as channel. Maka pada palet channel akan tampil channel Alpha 1.


15.  Aktifkan channel Alpha 1, tekan Ctrl+D (deselect) untuk menghilangkan seleksi.
16.  Klik  menu Filter> Brush Strokes> Spatter. Atur nilai Spray Radius: 16 dan Smoothness:7.Klik OK bila telah selesai.


17.  Klik menu Filter> Artistic> Paint Daubs. Atur nilai Brush Size : 8, Sharpness : 7, Brush Type: Simple. Klik OK bila telah selesai.
18.  Lakukan Ctrl+Klik pada channel Alpha 1 untuk mengaktifkan seleksi. Perkecil seleksi melalui menu Select> Modify> Contract. Dan isi dengan nilai 5 px Klik OK.
19.  Selagi seleksi masih aktif, klik kembali icon Save selection as channel, maka channel baru dengan nama Alpha 2 akan terbentuk. Aktifkan channel baru tersebut. Hilangkan seleksi dengan menekan Ctrl+D.
20.  Ulangi langkah 17 dan 18.
21.  Lakukan Ctrl+Klik pada channel Alpha 2. Setelah seleksi aktif, pastikan background color bewarna hitam, kemudian klik channel Alpha 1 dan tekan Delet pada Keyboard. Tekan Ctrl+D untuk menghilangkan seleksi.
22.  Putar kanvas melalui menu Image> Rotate Canvas> 90 Derajat CCW.
23.  Klik menu Filter> Stylize> Wind dan pilih From the Left pada bagian direction. Klik OK bila telah selesai.
24.  Tekan Ctrl+F untuk mengulangi efek Wind sekali lagi.
25.  Klik menu Filter> Sketch> Plaster, atur nilai Image Balance: 20, Smoothnees: 2. Klik OK bila telah selesai.
26.  Ulangi langkah 24 (Filter>Style>Wind).
27.  Putar kembali kanvas, klik menu Image> Rotate Canvas> 90 Derajat CW.
28.  Ctrl+Klik pada channel Alpha 1 untuk mengaktifkan seleksi.
29.  Aktifkan palet layer dan klik pada layer Sofia untuk mengaktifkan. Buat layer baru dengan meng-klik icon Create a new layer dari palet layer.
30.  Pilih warna putih untuk foreground  color. Kemudian tekan Alt+ Del untuk mengisi seleksi pada layer baru dengan warna putih. Tekan Ctrl+D untuk mengisi seleksi.
31.  Ganti nama layer 1 menjadi Beku. Buat duplikatnya dengan menekan Ctrl+J. Kurangi Fill dari layer Beku copy menjadi 50% .
32.  Aktifkan layer Beku, tambahkan layer style Drop Shadow dengan meng-klik icon Add a layer style, pada palet layer.
33.  Masih pada layer Beku. Tambahkan layer style Bevel and Emboss.
34.  Aktifkan layer Sofia dan kurangi Fiil-nya menjadi 25%.
35.  Aktifkan layer background dan pilih warna putih untuk foreground color. Kemudian tekan Alt+Del untuk mewarnai layer background dengan warna putih.
36.  Sebagai tambahan, Anda dapat menambahkan layer baru dengan warna gradasi biru dan putih untuk memperkuat nuansa es.













No comments:

Post a Comment

Tutorial Membuat Thumbnail

Tutorial Membuat Thumbnail Langkah langkahnya adalah sebagai berikut : 1.     Buat file baru dengan berukuran 1280x720 pixels Re...